Lifestyle

Kesalahan Penggunaan Masker Kain yang Perlu Diperhatikan

Masker Kain
Berbagai masker kain dapat ditemukan dengan mudah mulai dari ragam corak hingga warnanya. Adanya pilihan tersebut membuat barang itu laris manis di pasaran. Alhasil, distributor baru pun banyak bermunculan melihat peluang ini. 

Ketahui Berbagai Kesalahan Ketika Menggunakan Masker Kain
Bicara tentang penggunaan masker, kini ada banyak pilihan mulai dari bahan kain hingga kaos. Adanya ragam opsi ini pun dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat untuk mengoleksinya. Agar tidak salah memakai, ketahui beberapa larangan berikut.

1. Memakaikannya pada Bayi
Bayi berumur kurang dari 2 tahun sebaiknya tidak dikenakan masker karena ini akan mengakibatkan beberapa kendala, antara lain sesak nafas. Untuk itu, orang tua harus sadar mengenai hal tersebut. Anak usia belia sebaiknya jangan dibawa keluar rumah kecuali terpaksa.

Bayi tidak dianjurkan memakai masker karena penggunaan dalam jangka waktu lama bisa membuatnya kehilangan nafas. Ini akan sangat membahayakan karena efeknya dapat menyebabkan kematian secara mendadak. Oleh karena itu, usahakan mengetahui bahayanya sebelum hal fatal terjadi.

2. Tidak Rutin Mencuci Masker
Kesalahan pemakaiaan yang kerap dilakukan oleh pengguna ialah APD tersebut jarang dicuci. Ini sangat membahayakan karena resiko tertular virus Corona pun makin besar. Masyarakat diharapkan menyadari bahwa menggantinya secara teratur, tidak terkecuali jenis masker fullprint.

Jika Anda menerapkannya setiap hari, dijamin kesehatan akan tetap terjaga sehingga mampu memutus rantai penyebaran COVID-19. Cucilah usai digunakan dengan air bersih dan deterjen. Setelah itu, jangan lupa menjemurnya di tempat yang banyak sinar mataharinya.

3. Tidak Menggunakannya dengan Rapat
Salah satu kesalahan fatal yang bisa menyebabkan seseorang beresiko terkena Corona ialah tidak mengenakan masker kain dengan rapat. Apabila hal ini dilakukan terus-menerus, dikhawatirkan ia akan tertular bahayanya virus Corona. Maka dari itu, perlunya pengecekan berlebih saat menggunakannya.

Apabila Anda mengenakannya dengan rapat serta tidak ada celah yang tersisa, ini memberikan perlindungan lebih pada kesehatan pengguna. Dijamin pemakai akan merasa aman karena tak ada kesempatan bagi virus untuk menyerangnya.

4. Menyemprotnya dengan Disinfektan
Masker bahan kain sudah lebih dari cukup. Anda tidak perlu menyemprotnya dengan disinfektan sebab ini akan membahayakan penggunanya. Bisa dibayangkan jika zat tersebut terhirup selama beberapa waktu. Bukannya terhindar dari Corona, itu justru menimbulkan kendala lainnya.

Jangan sekali-kali menyemprotnya memakai disinfektan. Gunakan masker pelindung tersebut dengan baik. Jika dipakai sesuai aturan, Anda dapat tetap aman serta terhindar dari marabahaya. Terapkan tips ini agar pengguna selalu terlindung dan aman.

Dapat dikatakan, penggunaan masker kain tak boleh asal-asalan. Anda harus tetap mematuhi prosedurnya supaya tidak terjadi kesalahan pemakaian. Dijamin, cara ini mampu meningkatkan perlindungan tubuh pengguna.

Tags: